Macam Macam Hosting

Jenis Dan Macam Macam Hosting Yang Ada Saat Ini

Biasanya orang orang yang berkecimpung di dunia internet saat di tanya tentang apa hosting yang di ketahui, mungkin jawaban mereka adalah hosting gratis dan hosting berbayar. Memang tidaklah salah menjawab itu, namun perlu kalian ketahui juga, sebenarnya banyak macam macam hosting yang ada saat ini.

Hanya saja kadang kita tidak tahu, atau mungkin tidak perduli. Padahal dengan mengetahui type hosting seperti apa yang kita pakai atau akan kita pakai tentu menjadikan kegiatan kita dalam membuat situs lebih baik.

Kenapa demikian, karena dengan mengetahui kualitas, kemampuan, dan fasilitas hosting yang di tawarkan akan membuat kita semakin bijak dalam menentukan.

Jadi buat kalian yang sedang bersiap membuat situs atau website sebaiknya kenalilah hosting terlebih dahulu.

Seperti dalam pembahasan tentang wordpress hosting domain dan blog dulu, hosting merupakan sebuah tanah untuk kita membuat sebuah rumah atau tempat usaha.

Tentunya dalam membuat tempat usaha ini di perlukan lokasi tanah yang baik, strategis, tanahnya lapang, tanahnya subur kalo mau di jadikan sawah, ladang atau sebagainya.

Begitu juga hosting ini.

Saat kita memutuskan untuk membuat sebuah situs, blog ataupun website, tentu di perlukan tempat penyedia hosting yang baik, berkualitas, harganya bersahabat, memiliki fasilitas yang unggul, pusat bantuan yang 24 jam non stop, server yang stabil, menyediakan hal hal yang tidak ada di penyedia hosting lain dan sebagainya.

Hal inilah yang menjadikan menentukan hosting yang tepat akan menjadi awal yang bagus dalam membuat website.

Dari sekian banyak macam macam hosting, kira kira jenis-jenisnya di golongkan sebagai berikut :

Jenis-Jenis Hosting

1. Free Hosting

Free hosting adalah layanan hosting gratis. Hosting gratis ini yang paling umum dan banyak di pakai oleh mereka yang baru pertama ingin membuat sebuah situs atau website. Bahkan penulis saya sendiri selaku penulis awal dalam membuat website lewat hosting gratisan ini.

Dari sekian banyak hosting gratisan yang paling di kenal tentunya adalah Blogger dari Google dan WordPress.Com.

Hosting type ini akan memberikan kalian layanan penggunaan hosting gratis selamanya. Juga nama domain yang gratis pula. Hanya saja fitur serta fasilitasnya di batasi. Namun bisa kalian upgrade ke Pro version dengan harga tertentu.

Pada hosting type ini juga, saat kalian sudah menentukan alamat/nama domainnya, maka di belakang nama domain tersebut akan ada extension khusus yang tidak bisa di ganti. Contohnya www.domain.blogspot.co.id untuk pengguna blogger atau www.domain.wordpress.com untuk pengguna wordpress.com.

 

2. Shared Hosting

Shared hosting adalah layanan hosting berbayar yang paling murah menurut saya. Kenapa demikian .. ??

Tentu saja karena cara penggunaanya dan juga kemampuannya. Cara kerja shared hosting adalah dengan mengkavling atau memisah misah server dengan satu sumber daya bersama. Jadi dalam satu wadah ini bisa di gunakan untuk beberapa server, bisa mencapai puluhan atau ratusan web.

Di Indonesia sendiri banyak yang menawarkan jasa shared hosting ini. Namun hosting jenis ini tidak akan cocok untuk website dengan trafik yang banyak dengan kebutuhan sumber daya tinggi.

Tapi masih sangat mumpuni kalo hanya untuk blog-blog pribadi dengan kebutuhan daya yang kecil. Hosting jenis ini bisa kalian dapatkan dengan uang 100 – 300 ribuan saja, tentunya dengan kapasitas memori yang di batasi. Atau sesuai layanan dan pemilihan paket.

 

3. VPS Hosting

VPS hosting adalah kependekan dari Virtual Private Server Hosting. Hosting jenis ini sangatlah mahal, karena dengan 1 server saja biayanya bisa mencapai puluhan juta rupiah. VPS hosting ini sangatlah cocok buat kalian yang sudah memiliki website dengan traffic tinggi dan kebutuhan sumber daya yang tinggi pula.

Sedikit mirip dengan shared hosting memang. Hanya saja saat anda menggunakan VPS hosting anda akan di berikan beberapa pilihan seperti kapasitas memory, space ataupun batasan bandwidhnya.

Jadi anda akan memiliki server sendiri yang bisa di buat untuk beberapa website sekaligus.

 

4. Dedicated Hosting

Dedicated hosting bisa di bilang layanan yang paling bagus dari semua layanan hosting yang ada. Dalam hosting jenis ini, kalian akan di berikan satu buah server untuk satu orang pelanggan saja. Tentuya ini sangatlah luar biasa bukan.

Ibaratnya kalian memiliki tanah yang sangat luas yang bisa di bangun apa saja, tanpa gangguan orang lain.

Hosting jenis ini bisa menampung traffic website yang sangat banyak, juga memiliki fitur premium yang tidak akan kalian dapatkan di layanan jenis hosting yang lain. Selain itu anda akan memiliki control penuh terhadap server yang telah anda beli.

 

5. Managed Hosting

Managed hosting biasa di sebut juga Web hosting, hosting jenis ini memiliki keunggulan di segi kecepatan dan keamanannya. Berbeda dengan shared hosting, managed hosting bekerja di beberapa server sekaligus. Jadi saat salah satu server down atau mati maka server yang lain bisa menggantikan.

Namun harga yang di tawarkan oleh managed hosting ini juga sedikit lebih mahal di banding shared hosting.

Managed hosting juga merupakan layanan jasa hosting yang sudah banyak tersebar di Indonesia. Sebut saja beberapa nama seperti Niagahoster, Ardetamedia, DewaWeb, JogjaHost, Master Web, KiosDomain dan lain-lainnya merupakan jasa penyedia managed/web hosting ini.

 

6. Reseller Hosting

Reseller hosting bisa di bilang adalah istilah untuk para makelar hosting. Mereka adalah tangan kedua dari penyedia jasa layanan hosting tertentu. Penyedia layanan akan bekerja sama dengan pihak reseller dengan tawaran layanan hosting yang berbeda.

Hosting jenis ini sangat cocok buat kalian yang masih baru dalam menggeluti dunia pembuatan website. Juga untuk mereka yang masih minim dalam hal keuangan, pengetahuan serta kemampuan teknis dan lainnya.

 

Jadi itulah kiranya penjelasan tentang macam macam hosting yang ada sampai saat ini. Buat kalian yang akan membuat sebuah website, tentukanlah pilihan hosting kalian sejalan dengan website apa yang akan anda buat nantinya.

Jangan sampai salah arah, atau bahkan menghamburkan uang hanya untuk beli hosting dan ternyata malah kalian dalam membuat situs tidak konsisten dan berhenti di jalan.

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk Like Fans Page Facebook kami yah .. !! Gratis .. !!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber 1   Sumber 2   Sumber 3

Tinggalkan Balasan