Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

Memiliki kulit yang sehat merupakan dambaan setiap orang, bukan hanya wanita tapi juga untuk laki-laki. Di jaman sekarang metode merawat kulit sangat banyak, dari mulai yang instan sampai yang memang memerlukan proses. Dari perawatan yang natural ataupun dengan bantuan tekhnologi.

Namun memang perawatan kulit lebih dominan di lakukan oleh para wanita. Bukan saja untuk kesehatan tapi juga untuk tampilan sehari-hari mereka.

Kulit kering kusam ataupun mudah berminyak sering kali membuat kita kurang percaya diri, minder, malu atau rasa tidak nyaman lainnya.

Memiliki kulit yang sehat dan bersih akan membuat kita semakin percaya diri, merasa nyaman dan optimistis untuk melakukan kegiatan di setiap harinya.

Kulit sehat juga bisa memberikan nilai kepada kita bahwa kita sehat, sejahtera, bahagia dan lainnya.

Kulit merupakan bagian paling luar organ tubuh kita, juga merupakan organ paling besar. Jadi sudah sewajarnya kita merawat dan memperhatikannya.

Menjaga kesehatan kulit memang tidak mudah, namun bisa kita lakukan dengan beberapa cara berikut :

 

1. Menggunakan sunscreen

Merawat kulit

 

Salah satu cara menjaga kulit agar tetap tampak sehat dan bersih adalah dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen ini berguna untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari langsung. Oleskan di setiap bagian kulit yang sekiranya akan terkena sinar matahari saat kita hendak pergi.

Gunakan sunscreen setiap hari saat kalian hendak keluar rumah.

 

2. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa

 

Minyak kelapa bisa menjadi pelembab yang sangat baik bagi kulit.

Karena sifatnya yang natural, orang-orang dengan usia tertentu bisa menggunakan cara ini untuk menghilangkan jerawat, melembabkan kulit yang mudah kering dan lainnya.

Minyak kelapa juga bisa menjadi pelindung organ tisu kulit dan sebagai antioksidan pada kulit.

 

3. Gunakan pelembab setelah mandi

Pelembab sangat penting untuk kulit, karena bisa menjaga kulit kita dari kekeringan, kusam juga menjaga dari cuaca.

Gunakanlah pelembab saat anda selesai mandi.

Karena saat itu pori-pori kulit masih dalam kondisi terbuka, sehingga saat anda memakai pelembab di kulit anda, komponennya akan meresap lebih dalam ke lapisan kulit.

 

4. Cuci wajah minimal sehari sekali

Mencuci wajah setiap hari juga merupakan bagian penting dari menjaga kulit tetap sehat. Hal ini efektif di lakukan ketika malam hari, yaitu sebelum tidur. Guna untuk menghilangkan kotoran-kotoran saat beraktifitas di siang hari. Juga membersihkan sisa make up buat kalian para wanita.

Jika melakukannya di pagi hari, di anjurkan untuk menggunkan air saja tanpa produk apapun.

Terlalu sering mencuci wajah dengan produk juga tidak baik, karena akan membuat kulit cepat kering, terutama buat kalian yang memiliki kulit sensitif.

 

5. Hindari penggunaan berbagai produk secara bersamaan

 

Adakalanya kita akan menggunakan produk berbeda-beda secara bersama-sama, namun langkah ini sebenarnya adalah salah.

Karena kulit akan mengalami iritasi dan peradangan, apalagi jika kulit kalian sensitif. Anda hanya akan menjadikan kulit kalian alergi yang justru akan merusak kulit.

Periksalah produk kosmetik kalian, jika kosmetik kalian mengandung banyak bahan kimia, maka hindari penggunaan yang terlalu sering atau bahkan bergonta ganti. Sebaiknya gunakan produk yang memakai bahan alami dan natural yang lebih ramah untuk kulit kalian.

 

6. Hindari tidur dengan menggunakan makeup

 

Jika anda terbiasa tidur dalam keadaan makeup belum di bersihkan, maka mulai sekarang tinggalkan kebiasaan ini. Tidur dengan makeup yang masih menempel pada kulit akan mempercepat penuaan pada kulit.

Bukan itu saja.

Kotoran-kotoran, debu, polusi yang menempel pada kulit saat kegiatan seiang hari akan membuat kulit menjadi mudah berjerawat.

Makeup yang selalu menempel di wajah dalam keadaan lama, justru akan menimbulkan garis-garis pada kulit, kusam, kerutan juga kulit akan terlihat cepat menua. Karenanya usahakan sebelum tidur membasuh muka dan membersihkannya dari makeup yang sudah di pakai sepanjang hari.

Jika anda belum terbiasa dan merasa terlalu repot membasuh muka saat hendak tidur maka coba dengan menggunakan tisu basah non alkohol saja.

 

7. Tidur terlentang

Tidur juga merupakan aspek penting dalam menjaga kulit kita tetap segar. Tidur yang cukup akan membuat kulit kita menjadi rileks dan menghilangkan kerutan kerutan pada wajah.

Tapi bukan hanya tidurnya saja, namun juga posisi tidurnya juga penting.

Posisi tidur yang baik adalah terlentang dengan kepala menghadap keatas. Gunakan bantal agar menyanggah leher dan kepala supaya tidur terasa lebih rileks.

Penelitian menunjukan bahwa orang yang kurang tidur akan mempercepat proses penuaan dan memperlambat proses penyembuhan kulit dari aktifitas hariannya. Karena itu biasakan tidur cukup dan tepat waktu. Idelanya tidur setiap hari adalah 6-8 jam sehari, yaitu dari jam 9 malam sampai 5 pagi.

 

8. Hindari rokok dengan asapnya

Merokok banyak memberikan efek buruk pada kulit, banyak penelitian yang sudah membuktikannya. Namun selain rokok itu sendiri sebenarnya yang paling berbahaya adalah asap rokoknya. Merokok dapat mengurangi jumlah aliran darah ke kulit karena dapat mengerutkan pembuluh darah, sehingga kulit kekurangan oksigen dan nutrisi esensial lainnya.

Merokok juga meningkatkan produksi enzim yang justru akan menguraikan kolagen kulit dan dapat mengendurkan kulit.

Asap rokok di sekitar juga dapat membuat kulit lapisan luar menjadi kering dan nampak kusam.

 

9. Perbanyak minum air putih

 

Untuk poin ini memang rasanya tidak perlu di tanyakan lagi, mengonsumsi air putih setidaknya 8-10 gelas perhari akan membuat tubuh kita semakin sehat.

Karena air putih dapat mengeliminasi kadar racun yang ada dalam tubuh.

Yang mana efeknya juga akan di rasakan oleh kulit kita, kulit menjadi sehat berisi dan terlihat lebih segar.

 

10. Konsumsi buah dan sayuran setiap hari

 

Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari selain baik buat tubuh kita, juga baik buat kesehatan kulit kita.

Buah buahan dan sayur sayuran kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan, Semisal vitamin C yang terkandung dalam buah, merupakan antioksidan yang dapat membantu meremajakan kulit dan memperbaiki kerusakan kulit.

Jika kalian melakukan diet, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur, selain memiliki kadar kalori yang rendah juga membuat kulit nampak sehat dan cerah.

 

11. Hindari memencet jerawat

Salah satu kebiasaan buruk untuk kulit wajah kita adalah memencet jerawat.

Biasanya seseorang akan merasa risih saat memiliki jerawat, apalagi jika jerawat itu besar. Namun kesalahan fatal yang di lakukan selanjutnya adalah menghilangkan jerawat tersebut dengan cara di pencet sampai jerawat itu hilang. Padahal ini cara yang sangat salah.

Memencet jerawat akan menimbulkan iritasi, luka, kemerahan, rasa sakit juga bekas noda jerawat yang susah di hilangkan.

Jika wajah anda berjerawat, cobalah menghilangkanya dengan pembersih wajah sering kita lihat di toko-toko. Memang tidak akan langsung hilang, tapi lebih baik dari pada anda merusak kulit dengan memencet jerawat anda.

 

12. Lakukan yoga untuk wajah

Facial yoga adalah salah satu aktivitas yang populer dan dapat memberikan manfaat yang sama seperti operasi plastik, namun tanpa biaya dan risiko yang sama.

Mempraktikkan facial yoga dapat mengurangi keriput, menghilangkan kantung mata, mengencangkan garis serta kulit wajah. Hal ini dapat terjadi karena pose yoga meningkatkan produksi kolagen (protein yang membuat kulit nampak muda) yang jumlahnya semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia dan paparan sinar matahari.

 

13. Jangan terlalu sering mandi air panas

 

Mandi menggunakan air panas memang bagus, karena akan memberikan kenyamanan dan rileksasi tersendiri pada kulit dan tubuh.

Namun jika terlalu sering juga tidak baik, karena akan menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan menimbulkan ruam. Mandilah dengan air dingin atau air hangat beberapa kali dalam seminggu saja.

 

14. Bercukurlah dengan hati-hati

 

Poin yang satu ini menjadi salah satu kebiasaan pria.

Bercukur membersihkan bulu, kumis, jenggot memang baik, tapi tetap harus hati-hati dalam melakukannya. Jika tidak kulit yang tipis dan sensitif akan mudah terkena iritasi.

Direkomendasikan agar bercukur setelah mandi air hangat, atau di kompres dahulu dengan air hangat bagian yang akan di cukur. Jangan bercukur dalam kondisi kulit kering, gunakan juga pisau cukur yang tajam dan bersih. Tidak berkarat apalagi tumpul.

Bila setelah bercukur kulit mengalami iritasi maka usaplah kulit tersebut dengan handuk basah yang sudah di beri air hangat. Hindari pemakaian lotion yang berbahan dasar alkohol.

 

15. Hindari mengelupas kulit secara berlebihan

Mengelupas kulit sering kali kita lakukan, apalagi untuk bagian kulit jari-jari tangan ataupun kaki. Mengelupas kulit dengan lembut adalah cara yang jitu untuk menghilangkan sel kulit mati dan kembali mencerahkan kulit.

Namun proses pengelupasan yang berlebihan justru menyebabkan iritasi dan peradangan. Biasanya saat menggunakan scrub, kita cenderung menggosok kulit secara berlebihan. Gesekan yang terjadi secara konstan ini dapat mengikis lapisan kulit yang mengandung minyak alami, sehingga menyebabkan kulit iritasi dan kering. Bahkan dapat menyebabkan hyperpigmentation yang berujung pada noda yang menggelap pada kulit.

Kapan Anda tahu telah over-scrubbing?

  • Hilangnya kelembapan pada kulit
  • Ada area-area yang super kering hingga mengelupas
  • Kurit memerah akibat iritasi
  • Kulit terasa sensitif pada produk-produk yang biasa Anda gunakan (terasa perih saat digunakan)
  • Gatal-gatal

Lakukan scrubbing atau pengelupasan kulit satu atau dua kali per minggu, bergantung pada seberapa sensitif kulit Anda.

 

 

Demikian beberapa cara untuk merawat kulit agar tetap sehat. Jika ada sesuatu yang ingin di tanyakan silakan melalui kolom komentar yang tersedia.

 

 

Share jika ini bermanfaat .. !!

Jangan lupa Like Fans Page Facebook kami di samping .. >> !!

Terima Kasih .. !!

Semoga bermanfaat .. !!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber 1   Sumber 2   Sumber 3

Tinggalkan Balasan