Perbedaan KITACO, KTC Racing dan KTC KYTACO Membuat Bingung

Yang hobby modif sepeda motor pasti tidak akan asing lagi dengan brand KITACO, KTC Racing dan KTC KYTACO. Itu adalah brand yang meproduksi sparpart racing sepeda motor. Tapi semua pasti bingung apa sih perbedaan dari ke-tiga brand tersebut karena dari sisi penyebutan nama mirip. Kita bahas satu-satu ya..

A. Brand KITACO Japan

Kitaco adalah salah satu brand terkenal asal Jepang, website resminya di https://www.kitaco.co.jp mereka memproduksi sparpart racing dan variasi untuk sepeda motor yang kebanyakan untuk motor yang beredar di Jepang dan motor lain di sebagian negara Asia.

Kemudian KITACO ini pernah memposting bahwa KTC menggunakan nama KITACO secara illegal di facebook mereka. Postingan pertama pada tgl 12 Agustus 2014 sebagai berikut:


Sumber dari facebook Kitaco Engineering Corporation yaitu:

Cheat brand "KTC Racing" is Not KITACO!
At the moment, there are many copy items of Kitaco brand all over the world.
Specially, we can see the picture of items has description "KTC Racing company" with Kitaco name on the package.
But, we never put "KTC" description for any our items.
That's 100% copy item or someone use just Kitaco name for their items illegally.
They use our name for their business and get the benefit

Arti garis besarnya sebagai berikut:

Kecurangan merek "KTC Racing" Bukan KITACO!
Saat ini, ada banyak barang tiruan merek Kitaco di seluruh dunia.
Khususnya, kita bisa melihat gambar item yang memiliki deskripsi "KTC Racing company" dengan nama Kitaco di kemasannya.
Tapi, kami tidak pernah mencantumkan deskripsi "KTC" untuk item kami.
Itu 100% menyalin item atau seseorang hanya menggunakan nama Kitaco untuk item mereka secara ilegal.
Mereka menggunakan nama kami untuk bisnis mereka dan mendapatkan keuntungan.

Postingan ke-2 di facebook Kitaco Engineering Corporation yaitu pada tgl 10 April 2015 yang isinya sebagai berikut:


 Link sumber: FB Kitaco Engineering Corporation yang isinya sebagai berikut:

Please be careful for copy brand "KTC" in Indonesia.
KTC is Not US(KITACO).
KTC is Indonesian company
KTC use our name of KITACO illegally.
But, the biggest problem is...
Many people don't know this truth.
They need to know "KTC is not KITACO"
We found some website to sell KTC parts.
There are description of KITACO(KTC).
It's too nonsense.

Artinya

Harap berhati-hati untuk copy brand ′′ KTC ′′ di Indonesia.
KTC Bukan AS (KITACO).
KTC adalah perusahaan Indonesia.
KTC menggunakan nama kita KITACO secara ilegal.
Tapi, masalah terbesar adalah...
Banyak orang tidak tahu kebenaran ini.
Mereka perlu tahu ′′ KTC bukan KITACO ′′
Kami menemukan beberapa situs web untuk menjual suku cadang KTC.
Ada deskripsi dari KITACO (KTC).
Ini omong kosong.

B. Brand KTC Racing


Nah untuk brand KTC Racing adalah brand asli Indonesia yang memproduksi part racing dan variasi sepeda motor. Menurut pendapat saya produk dari KTC racing sangat bagus, harga terjangkau dan berkualitas. Foto di atas mungkin yang di permasalahkan oleh pihak KITACO Jepang karena ada kemiripan huruf K pada logo Kytaco dan kemiripan pelafalan nama KITACO vs KYTACO. Saat ini brand KTC Racing sudah tidak ada dan diganti dengan nama baru.

C. Brand KTC KYTACO

Pada tgl 21 Januari 2019 melalui instagram resminya menginformasikan bahwa mereka mengganti brand KTC Racing menjadi KTC KYTACO. Isi detail postinganya sebagai berikut:

Kami selaku management KTC KYTACO dengan ini ingin mengumumkan kepada para pengguna setia KTC Racing bahwa mulai tanggal 21 Januari 2019, nama brand kami KTC Racing akan berubah menjadi KTC KYTACO. Terima kasih atas dukungan para pengguna setia KTC Racing selama ini. Kami bisa menjadi salah satu merek sparepart dan aksesoris motor yang paling diminati di Indonesia, itu semua berkat para pengguna setia dan pengikut kami. Kini di awal tahun ini, kami berharap, KTC Racing yang telah bertransformasi sebagai KTC KYTACO bisa semakin menawarkan produk-produk yang lebih baik, berkualitas, dan terjangkau, tentunya juga dibarengi dengan pelayanan yang lebih baik.

Produk KTC KYTACO masih akan sama seperti semua produk yang pernah dikeluarkan atas nama KTC Racing sebelumnya. Hanya saja kemasan dan namanya yang berbeda. Namun semua kemasan dan produk KTC KYTACO kami saat ini masih sedang dalam proses transisi. Jadi untuk sementara, jika di pasaran kalian menemukan produk kami masih menggunakan kemasan lama dengan nama KTC Racing, maka produk itu kemungkinan adalah produk stock lama kami. Namun untuk kedepannya, semua produk dan kemasan yang kami keluarkan hanyalah yang mengatasnamakan KTC KYTACO. Oleh karena itu, dalam masa transisi ini, kami benar-benar menganjurkan agar kalian hanya melakukan pembelian di agen-agen resmi kami seperti @alyaminracing, @variasi53bdg, @ktckytaco_medan, @adhimotorsport (cek link di bio kami untuk daftar agen resmi KTC KYTACO yang lebih lengkap) atau langsung WA kami di nomor 0811-1628-318 agar terhindar dari barang-barang tiruan.

Di kesempatan ini, kami juga ingin memperkenalkan bahwa KTC KYTACO akan memiliki 3 kategori produk yang dibedakan sebagai Platinum, Titanium, dan Steel series. Yang membedakan ketiga kategori ini adalah bahan pembuat produknya, kualitas, dan tentu harga. Hal ini kami lakukan agar dengan merek KTC KYTACO, kalian akan lebih mudah memilih produk apa yang spesifikasi dan harganya paling sesuai dengan motor dan kantong kalian. #semakinterasabedanya kan bro? Jadi, kalian tidak perlu ragu untuk terus dan selalu menjadi pengguna setia KTC KYTACO.

KESIMPULAN menurut penulis

Brand KITACO adalah brand asal Jepang, Brand KTC Racing adalah brand asal Indonesia yang dianggap menjiplak secara ilegal oleh KITACO Jepang. Brand KTC Rancing berubah nama menjadi KTC KYTACO.

Kitaco mengganggap KTC Racing menggunakan logo dan nama yang mirip dengan Kitaco untuk mendapatkan keuntungan.

Sekian dulu mudah-mudahan menjadi pencerahan..

Posting Komentar untuk "Perbedaan KITACO, KTC Racing dan KTC KYTACO Membuat Bingung"