Menikmati Camping dan Indahnya Kawah Kamojang Garut


Sebelumnya kami pernah posting tentang Wisata di Kawah Kamojang. Tanggal 28 Februari 2021 kami sekeluarga pergi wisata ke Kawah Kamojang yang berada di Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, tapi nama Kamojang ini lebih dikenal masuk ke daerah Garut. Tempat wisata ini berada di lingkungan Geothermal Pertamina. Saya berangkat dari Baleendah, Bandung dengan rute ke arah Ciparay kemudian melanjutkan ke Majalaya dan belok kanan menanjak ke arah Ibun. 

Masuk ke daerah Cukang Monteng jalanya menanjak sangat ekstrim jadi kita harus mempersiapkan kendaraan kita harus benar-benar fit. Selanjutnya kita melewati jembatan kuning atau lebih dikenal dengan Kamojang Hill Brige. 




Di Kamojang Hill Brige banyak sekali yang berhenti untuk sekedar berfoto dan ngopi-ngopi di warung yang ada di pinggir jalan tersebut. Dihari libur banyak pesepeda dan pemotor yang sunmori ke jembatan tersebut. Setelah jembatan tersebut kita meneruskan perjalanan lagi, jalanan masih menanjak dan lumayan cukup panjang sekitar 4 km. 



Sesampainya di kawasan geothermal pertamina kita belok kiri ke arah kawasan wisata kawah kamojang. Tiket masuk ke kawah kamojang adalah Rp. 9.500/ orang ditambah dengan parkir mobil Rp. 15.000.

Selanjutnya kami menuju ke kawah kereta api, kawah ini adalah bekas pengeboran oleh Belanda yang sampai saat ini masih mengeluarkan uap yang tidak berhenti. 




Setelah puas jalan-jalan kami menyiapkan tenda untuk berkemah, kami tidak menginap di sana. Jadi kami datang pagi-pagi ke sana dan pulang sore hari. Kami menggunakan 1 tenda kecil dan 1 flying sheet. Menjelang makan siang kita siap-siap untuk memasak nasi, setelah itu mempersiapkan daging dan sayuran buat sop.



Tempat kami camping ini tepat berada di atas tempat parkir kawasan kawah kamojang. Jadi lokasinya bisa view langsung ke tempat parkir dan melihat langsung ke arah kawah kereta api. Tempatnya luamayan kecil jadi mungkin cuma bisa ditempati sekitar 4 sd 6 tenda secara berdekatan. 


Saya sangat merekomendasikan tempat ini untuk berlibur, kumpul bareng keluarga dengan biaya murah meriah. 

Posting Komentar untuk "Menikmati Camping dan Indahnya Kawah Kamojang Garut"