Cara Menampilkan Folder Google Drive di Windows Explorer Komputer


Update: Artikel ini berlaku untuk google drive versi lama (google backup and sync). Pada tanggal 1 Oktober 2021 sudah digantikan dengan versi terbaru yaitu GOOGLE DRIVE FOR DESKTOP. Untuk pembahasanya silahkan klik link berikut ini

Saat ini penyimpanan file online produk google sangat populer di masyarakat pengguna gagdet android yaitu GOOGLE DRIVE. Sebelum google drive dan android tenar saya saya sebelumnya pengguna MEDIAFIFRE dan DROPBOX. Bahkan dropbox masih saya gunakan sampai sekarang karena ada beberapa kelebihan yang tidak ada dalam google drive.

Google drive saat ini banyak penggunanya karena memang terintegrasi langsung dengan produk google lainya seperti gmail dan bahkan sudah terpasang langsung di gadget android. Bagi anda yang ingin menyimpan data di google drive yang tersinkronisasi antara gadget dan komputer anda sekarang bisa langsung instal aplikasi google drive di komputer anda. Silahkan download aplikasi google drive (backup and sync) di sini.

Setelah install google drive backup and sync ada yang mengalami kendala yaitu folder google drive tidak muncul di windows explorer, hal tersebut terjadi karena ada kesalahan pada saat instal google drive backup and sync. Kemungkinan ada yang terlewat di langkah berikut ini:


Folder google drive tidak muncul karena pada saat instal google drive backup and sync di langkah ke 3 ini menu sync my drive to this computer tidak tercheklist. Untuk memunculkanya kembali silahkan ikuti langkan berikut:


  • Klik taksbar sebelah kanan bawah dekat logo speaker.
  • Klik kanan logo google drive backup and sync, kemudian klik titik 3 sebelah kanan
  • Klik menu priferences.


  • Anda akan masuk ke menu Preferences - backup and sync.
  • Klik menu google drive
  • Kemudian cheklist kolom sync my drive to this computer, anda dapat memilik lokasi folder google drive.
  • Pilih file apa saya yang ingin di sinkrokan ke komputer anda, atau bisa pilih sync everything kalo ingin semua file di sinkronkan ke komputer anda


Selesai, semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Cara Menampilkan Folder Google Drive di Windows Explorer Komputer"

Komentar anda akan kami moderasi terlebih dahulu.