Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Masalah CLS lebih dari 0,25 Selular Pada Data Web Inti Google Search Console

Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki Masalah CLS: lebih dari 0,25 Selular Pada Data Web Inti Google Search Console. Mungkin para sobat blogger saat ini banyak mengalami masalah dengan kemunculan eror pada google search console di menu Data Web Inti dengan kemunculan keterangan masalah CLS lebih dari 0.25 (selular). 

Pengertian Cumulative Layout Shift (CLS)

Dikutip dari https://web.dev/cls Cumulative Layout Shift (CLS) adalah sebuah metrik yang mengukur stabilitas visual suatu website. Yang di ukur adalah seberapa sering pengguna mengalami perubahan tata letak yang tidak terduga pada suatu website.  Sebagai contoh kita pada saat membukan suatu web tanpa peringatan ada teks yang berpindah atau bergeser, bahkan ada juga pada saat kita akan klik suatu menu malah menu tersebut bergerak dan kita malah membuka link yang lain yang bukan kita maksud. 

Memperbaiki Masalah CLS Google Search Console

Metrik di atas merupakan skor CLS dari salahsatu website. Di google search console blog saya www.dayeuhluhur.net muncul sekitar 14 link yang mengalami masalah karena skornya diatas 0.25. Artinya skor CLS blog saya sangat jelek. 

Memperbaiki Masalah CLS Google Search Console

Memperbaiki Masalah CLS Google Search Console

Apabila kita coba lihat lebih detail di menu data web inti google search console kita dapat melihat link yang mengalami masalah pada CLS ini. Disitu kita dapat langsung tes page speed dari web yang terpengaruh. Ketika saya coba cek pagespeed insight google ternyata memang skor dari artikel tersebut sangat lambat.

Memperbaiki Masalah CLS Google Search Console

Terlihat blog saya www.dayeuhluhur.net pagespeednya cuma 16, seharusnya apabila blog kita cepat skor performanya harus diatas 90. 

Cara Memperbaiki Masalah CLS lebih dari 0,25

Selanjutnya akan kita bahas bagaimana cara mempebaiki masalah CLS ini. Di google search console sudah diberi petunjuk bahwa masalah dari blog kita ini karena pagespeednya lambat. Untuk meningkatkan pagepeed langkah yang bisa kita lakukan antara lain:

  • Optimalisasi gambar. 

Gambar pada sebuah artikel blog adalah sebuah keharusan untuk agar pengunjung blog kita tidak bosan, kemudian dengan adanya gambar pembaca akan lebih mempermudah memahami isi artikel kita. Tapi gambar yang ukuranya terlalu besar juga memiliki kekurangan yaitu akan menurunkan kecepatan blog kita. Oleh karena itu kita harus melakukan compress pada gambar yang akan dipakai pada sebuah blog. Tips dari saya gunakan gambar denga  format PNG karena format tersebut memiliki ukuran file yang kecil dibanding dengan format lain. Apabila anda pengguna adobe photoshop bisa menggunakan  fitur SAVE FOR WEB. Atau anda juga dapat menggunakan aplikasi lain yang bisa ditemukan di google.  

  • Pakai lazy load google adsense.

Bagi blog yang sudah memasang adsense ini sangat berpengaruh terhadap kecepata website, karena google adsense pada sebuah artikel akan memuat konten inklan yang lumayan besar sehingga akan menurunkan kecepatan blog kita. Untuk mensiasatinya kita dapat menggunakan LAZY LOAD ADSENSE yang berfungsi menunda kemunculan iklan pada suatu halaman yang belum terbaca atau belum terbuka oleh kita. Jadi pada saat pembaca memuka halam di blog kita yang di muat adalah konten yang dibuka atau yang muncul di layar pembaca saja. Selanjutnya apabila pembaca melakukan scroll maka konten / iklan selanjutnya baru muncul. Untuk lazy load google adsense saya akan bahas terpisah di artikel berikut ini CARA MEMASANG LAZY LOAD GOOGLE ADSENSE.

Dengan cara optimalisasi gambar dan pasang lazy load google adsense sudah saya praktekan di blog ini, hasilnya 100% work, selamat mencoba

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Masalah CLS lebih dari 0,25 Selular Pada Data Web Inti Google Search Console"

;